Senin, 28 September 2020

      


Hai!
Hehe maaf aku baru belajar buat vektor jadi masih kaku dan belum rapi :')

        Najwa Fadhilatunnisa, begitu yang tertera dalam akta kelahiranku. Orang-orang biasa memanggilku dengan nama biasa--Najwa, Teteh, hingga Juong. Aku merupakan seorang anak sulung dari tiga bersaudara yang dilahirkan di sebuah kota dengan julukan kota kembang dan terkenal akan mojang geulis-nya, yaitu Bandung, pada tanggal 25 April 2002. Rupanya di tahun ini genap sudah aku berusia 18 tahun. Setelah menyelesaikan pendidikan di TK Al-Manar, MI At-Taqwa, SMPN 8 Bandung, dan SMAN 8 Bandung, tibalah aku dalam segmen kehidupan baruku sebagai seorang 'mahasiswa'.

Sedikit bonus potret sekolah-sekolahku yang bersumber dari Google Maps.

        Bicara soal mahasiswa, orang seringkali menganggapnya suatu hal yang luar biasa. Aku pun demikian--pada awalnya. Sebab, aku yang hobinya hanya sekadar senang menulis atau corat-coret akan banyak hal dan menatap layar hp untuk berkomunikasi atau bermain game, aku yang masih suka banyak mengeluh kalau tugasnya belum beres ditambah lagi susah, dan aku yang terkadang bersikap kekanakan, kini telah menjadi seorang mahasiswa. 

        Sesuai dengan minatku yang lebih mengarah kepada hal-hal yang berkaitan dengan makhluk hidup dan lingkungan sekitarnya, atau singkatnya biologi, aku memilih Sekolah Ilmu Teknologi Hayati (SITH) Program Sains Institut Teknologi Bandung (ITB) sebagai pendidikan lanjutan selepas SMA. Keanekaragaman hayati dan segala unsur pendukung di dalamnya mendorong rasa penasaran dan keinginanku untuk terjun ke dalam bidang tersebut. 

        Lantas, terbesit di pikiranku, apa yang ingin kulakukan dengan bidang yang kutekuni ini?

        Melihat diri lebih dalam untuk mengenali diriku lebih lanjut lagi, membuatku menyadari akan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki. Aku merupakan tipikal orang yang tidak akan tenang jikalau amanah yang diberikan kepadaku belum kuselesaikan dalam tenggat waktu tertentu. Aku selalu memastikan bagaimana caranya agar amanah yang kuemban dapat terselesaikan secara tepat waktu. Menurutku, tidak masalah jika amanah itu dilakukan secara individual maupun bekerja sama, ia tetaplah menjadi bentuk tanggung jawab yang perlu dijaga. Selain itu, aku merupakan orang yang lebih bisa mengekspresikan diri melalui tulisan dan dapat memahami atau menghafal secara cepat.


        Akan tetapi, tentunya terdapat beberapa kelemahan yang perlu kuperbaiki dan dievaluasi setiap saat. Aku merupakan orang yang seringkali merasa tidak percaya diri dengan kemampuan sendiri, kurang berpikir kritis, takut ketika akan mengutarakan pendapat, dan sulit untuk menerima kritik. Selain itu, ada kalanya aku ingin selalu diapresiasi atas peran atau inisiatif yang kulakukan. Padahal seharusnya, segala sesuatu yang kulakukan harus didasarkan dengan ikhlas dan menganggap apresiasi hanyalah sebuah bonus. 

        Dengan menimbang minat, bakat, kelebihan yang dapat kutingkatkan, dan kelemahan yang dapat kuperbaiki, aku bercita-cita menjadi seorang peneliti di bidang biologi atau mikrobiologi yang dapat memberikan manfaat bagi orang-orang sekitarku. Menciptakan inovasi, berkreasi, dan berkolaborasi demi kebaikan bersama. Dimulai dari saat ini, aku akan senantiasa belajar dan memanfaatkan kesempatan yang kumiliki di ITB dengan usaha terbaikku, sebab itu merupakan bentuk rasa syukurku telah dipercaya oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala ditempatkan di kampus ini dan menjadi salah satu bentuk baktiku kepada orang tua yang telah bekerja keras untuk merawat dan memberikan pendidikan bagi anak-anaknya.

        Selain itu, ketika aku telah lulus nanti, aku ingin turut membagikan ilmu yang dimiliki kepada orang-orang sekitarku baik keluarga, tetangga, hingga masyarakat di manapun melalui aksi nyata yang dapat dilakukan. Misalnya, membangun suatu tempat belajar bagi anak-anak dan remaja, mencari solusi dan berinovasi untuk sebuah permasalahan terutama yang dapat diselesaikan dengan memanfaatkan ilmu yang kudapatkan selama berkuliah dan organisasi. 


        Menjadi insan yang dapat memberikan kebermanfaatan bagi orang lain dan senantiasa memperbaiki diri supaya bisa lebih baik lagi dari hari-hari kemarin merupakan tujuan yang aku dambakan hingga saat ini.

        Pada akhirnya, aku menyadari akan suatu hal, seperti yang kakak tingkat bilang, menjadi mahasiswa itu biasa saja. Yang luar biasa adalah ketika kita bisa mendefinisikan peran sebagai diri kita sendiri dengan berbagai kesempatan yang terbuka terutama selama julukan mahasiswa itu masih melekat.


Najwa Fadhilatunnisa

16120023

Keluarga 214


#StoryOfMyLife #MendefinisikanPeran #OSKMITB2020 #TerangKembali


Sumber Gambar :

<a href='https://www.freepik.com/photos/background'>Background photo created by suksao - www.freepik.com</a>

<a href='https://www.freepik.com/photos/table'>Table photo created by master1305 - www.freepik.com</a>

<a href='https://www.freepik.com/photos/school'>School photo created by freepik - www.freepik.com</a>



3 komentar

Keren banget najjjj!🥺🤩

REPLY

Aakkkk keren banget najwulll!😭

REPLY

@Zakia @Unknown (tapi kayaknya Raijul) Aamiin alhamdulillah terima kasih sobat-sobatku yang keren!!<333

REPLY

Juong's Thoughts . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates